Rabu, 18 Juli 2012

Profil Biodata Ahok

Ahok | Basuki TjahajaProfil Biodata Ahok | Mungkin sama dengan anda, saya juga penasaran dengan Ahok, pasangan Joko Widodo untuk maju dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta 2012-2015 ini. Karena saya juga tidak mengikuti secara aktif berita-berita politik nasional, jadi agak terkejut juga setelah mengetahui profil Ahok atau Basuki Tjahaja Purnama ini. Ternyata beliau ini sudah berkarya lumayan lama dalam kancah politik Indonesia khususnya di Belitung, tempat asalnya sana. Kesimpulan awalnya adalah Ahok orang yang luar biasa. Sepertinya dia juga pasangan yang sangat ideal bagi Joko Widodo, karena mereka mempunyai visi yang mirip dan sejalan. Keberpihakan mereka pada rakyat kecil dan pendekatan sosial yang mereka lakukan selama mereka memimpin daerah mereka cukup kuat dijadikan landasan bagi kemungkinan Jakarta yang lebih baik dengan mereka menjadi pemimpin DKI. Meski maaf, saya sama sekali bukan simpatisan PDIP. Sukarno Ok, PDIP hmmm…. Mau tahu lebih jauh tentang Ahok alias Basuki Tjahaja Purnama? Baca profilnya berikut ini.

baca juga: Profil dan Biodata Jokowi

Profil Ahok :

Nama Lengkap : Basuki Tjahaja Purnama
Alias : Ahok | Basuki Tjahaja
Kategori : Politikus
Agama : Kristen
Tempat Lahir : Manggar, Bangka Belitung
Tanggal Lahir : Rabu, 29 Juni 1966
Zodiac : Cancer
Hobby : Menulis
Warga Negara : Indonesia

PENDIDIKAN
Program Pasca Sarjana Manajemen Keuangan di Sekolah Tinggi.
Manajemen Prasetiya Mulya Jakarta, 1994.
Sarjana Teknik Geologi di Universitas Trisakti Jakarta, 1990.
SMA III PSKD Jakarta, 1984.
SMP No. 1 Gantung, Belitung Timur, 1981.
SDN No. 3 Gantung, Belitung Timur, 1977.

KARIR
Anggota Komisi II DPR RI, 2009 - 2014.
Direktur Eksekutif Center for Democracy and Transparency (CDT.3.1).
Bupati Belitung Timur, 2005 - 2006.
Anggota DPRD Belitung Timur bidang Komisi Anggaran, 2005 - 2006.
Asisten Presiden Direktur bidang analisa biaya dan keuangan PT. Simaxindo Primadaya, Jakarta, 1994 - 1995.
Direktur PT. Nurindra Ekapersada, Belitung Timur, 1992 - 2005.

Organisasi:
Ketua Dewan Yayasan Sosial dan Agama di Jakarta.
PENGHARGAAN
Tokoh Anti Korupsi dari Gerakan Tiga Pilar Kemitraan (KADIN, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Masyarakat Transparansi Indonesia), 2007.
Salah satu dari 10 Tokoh yang Mengubah Indonesia, Majalah Tempo, 2006.
Gold Pin, Fordeka (Forum Demokrasi), 29 Oktober 2006.

Bagaimana? Sangar kan si Ahok ini? Penampilannya yang sederhana tidak bisa menutupi keistimewaannya. Menurut saya, dia sama sekali bukan orang biasa. Sangat beruntung PDIP bisa menggaetnya.

Berikut biografi singkat Ahok

Memiliki sifat yang bersahaja dan berani melawan arus menjadi ciri khas politisi berprinsip bersih, transparan dan profesional ini. Basuki Tjahaja Purnama, pria kelahiran Manggar, Belitung Timur, 29 Juni 1966, berdarah Tionghoa ini mencintai rakyat, bangsa dan negaranya (Republik Indonesia) dengan menolak melakukan praktek korupsi, kolusi dan nepotisme. Pengusaha yang jadi politisi ini tak sudi makan gaji buta tanpa berbuat apa-apa untuk rakyat. Prinsip itu, ia lakon baik saat menjadi anggota DPRD Kabupaten Belitung Timur (2004-2009) dan Bupati Belitung Timur (2005-2010), maupun sebagai anggota DPR RI (2009-2014).

Saat menjadi anggota DPRD, misalnya, dia menunjukkan integritasnya dengan menolak ikut dalam praktik KKN serta menilep uang Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) fiktif. Ia juga menjadi satu dari sedikit anggota DPRD yang berani bertatap muka langsung dengan masyarakat untuk mendengar keluhan mereka.

Keberaniannya untuk bersih, transparan dan profesional itu menuai simpati dari masyarakat Belitung Timur yang mayoritas muslim. Ia kemudian terpilih sebagai Bupati Belitung Timur. Dia pun melakukan sejumlah gebrakan di antaranya memberikan layanan kesehatan gratis, pendidikan SMA dan Perguruan Tinggi secara cuma-cuma serta memperbaiki sarana dan prasarana publik. Penerima penghargaan Tokoh Anti Korupsi dari Gerakan Tiga Pilar Kemitraan (2007) ini pun tak segan-segan memberikan nomor ponselnya kepada masyarakat agar bisa senantiasa berkomunikasi dengannya.

Berani tampil beda juga ditunjukkannya saat menjadi anggota DPR RI periode 2009-2014. Tanpa basa-basi, ia melaporkan aktivitas kerjanya dan merinci setiap pendapatannya baik dalam kunjungannya ke daerah maupun luar negeri di situs pribadinya. Dari situ, publik bisa mengetahui lebih banyak perihal penggunaan anggaran di DPR yang kebanyakan tidak efisien dan tidak efektif. Akibat upaya transparansi yang dilakukannya itulah, ia dimusuhi dan dianggap ‘aneh’ oleh rekan-rekannya di DPR.

Sebagai anggota dewan, Ahok tetap berusaha tampil apa adanya, vokal, anti korupsi, bersih, transparan dan profesional. Ia tak sungkan-sungkan melaporkan aktivitas kerjanya, merinci setiap pendapatan baik dalam kunjungannya ke daerah maupun luar negeri dan bisa diakses secara terbuka di website pribadinya. Ahok juga aktif memperjuangkan perbaikan pada sistem rekrutmen kandidat kepala daerah untuk mencegah koruptor masuk dalam persaingan pilkada dan membuka peluang bagi individu-individu idealis untuk masuk merebut kepemimpinan di daerah. Dibantu para staf ahlinya, Ahok mengumpulkan informasi dan mengadvokasi kebutuhan masyarakat.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang Ahok, silahkan kunjungi:

website resmi Ahok: http://ahok.org/tentang-ahok/siapa-ahok/

Di website resminya tersebut, anda bisa membaca lebih banyak lagi tentang Ahok, lengkap dengan alamat email dan nomor HP-nya. hmmmm….

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 Hari Ini is proudly powered by blogger.com | Design by Tutorial Blogspot Published by Template Blogger